Dinas Penanaman Modal dan PTSP mempunyai tugas melaksanakan kordinasi dan penyelenggaraan serta pelayanan administrasi di bidang perijinan secara terpadu serta melakukan pengembangan dan promosi untuk penanaman modal di Sidoarjo.

Visi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sidoarjo adalah"

"Terwujudnya Pelayanan Satu Pintu Yang Prima"

Misi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sidoarjo adalah:

Untuk mewujudkan visi Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Kabupaten Sidoarjo, maka diperlukan misi sebagai berikut:

  1. Mewujudkan kualitas pelayanan perijinan dan penanaman modal kepada masyarakat, pelaku usaha, atau investor sesuai Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2008
  2. Mewujudkan citra aparatur pemerintah di bidang pelayanan sesuai prinsip - prinsip pelayanan prima dengan memberikan pelayanan sederhana, mudah, jelas & pasti, terbuka, efisien, adil, cepat, dan tepat waktu
  3. Mewujudkan kompetensi Aparatur Pelayanan Perijinan dan Penanaman Modal menjadi tenaga terampil dalam bidangnya (profesional)
  4. Mewujudkan sosialisasi, informasi, dan monev pelayanan perijianan, serta promosi potensi dan peluang investasi, sehingga kesadaran masyarakat, pelaku usaha, atau investor semakin meningkat dalam memperoleh legalitas ijin atau usahanya.

Berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2014 tentang Rincian Tugas, Fungsi, dan Tata Kerja Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BPPT) Kabupaten Sidoarjo Pasal 5, menjelaskan bahwa salah satu bidang dalam struktur organisasi BPPT Kabupaten Sidoarjo adalah Bidang Penanaman Modal. Bidang tersebut memiliki dua sub bidang yakni Sub Bidang Pengembangan dan Promosi serta Sub Bidang Monitoring dan Evaluasi.

Bidang Penanaman Modal BPPT Kabupaten Sidoarjo memiliki fungsi yang strategis dalam pengembangan penanaman modal atau investasi di Sidoarjo serta pengembangan proses administrasi perijinannya. Bidang Pengembangan dan Promosi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sidoarjo melakukan kajian-kajian dalam memaksimalkan potensi daerah sebagai sumber masuknya penanaman modal di Sidoarjo. Kemudian melakukan perencanaan dan melaksanaan hasil kajian tersebut untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penanaman modal di Sidoarjo dengan metode promosi, bimbingan, monitoring, dan evaluasi kepada pelaku bisnis.

Berubahnya arah informasi yang menuju pada dunia informasi digital, memacu Bidang Pengembangan dan Promosi Dinas Penanaman Modal dan PTSP Kabupaten Sidoarjo untuk melakukan fungsinya dengan tepat dan cepat. Website ini diharapkan menjadi pintu informasi yang efektif dan efisien dalam mempromosikan potensi dan peluang investasi atau penanaman modal di Kabupaten Sidoarjo. Dengan keunggulan online, Sidoarjo tidak hanya memberikan akses informasi dalam negeri, namun juga melintasi luar negeri sehingga dapat menjaring investor yang lebih besar dalam skala nasional maupun internasional.